Jumat, 08 April 2016

Lagu Ja'i Ngada Paling Populer: Nona Baju Merah Nyalip Putar-Putar Kopi


JAKARTA (NTT Darita) - Lagu Ja'i Ngada paling populer terus jadi pilihan favorit publik dunia. Lagu etnis dari Flores, Indonesia ini, tidak pernah jenuh di kuping penikmat musik karena lagu ini masih jadi andalan untuk iringi publik dunia menari dan bergoyang.

Tidak tahu persis kapan lagu untuk tarian khas Ja'i ini (tarian massal) diciptakan. Sebuah sumber mengatakan lagu dan tarian ini pertama kali muncul medio 2007, dipopulerkan oleh Grup Musik Mataraga (Bonnie Zua cs).

Hari ini, 3 lagu Ja'i versi Youtube dengan jumlah tayang paling banyak adalah "Nona Baju Merah" (diposting Yandris Keo). Lagu ini dibuka sebanyak 161,430 kali sejak tayang pada 6 November 2010.

Di urutan 2, lagu "Putar-putar Kopi Jai'i Bajawa (diposting Semat98) telah dibuka 151,242 kali sejak tayang tanggal 9 Desember 2008. Lagu ini karya Boni Zua.

Lagu Jai Mati Eeee Lagu Daerah Ngada NTT (diposting Nikmon md) menempati urutan 3 dengan jumlah tayang 135,161 kali sejak 14 Oktober 2013.

Padahal pada 24 Juni 2015, lagu Putar-putar Kopi menempati urutan 1 dengan 102,418 kali tayang, disusul Nona Baju Merah (98,006 kali tayang), dan Jai Mati Eeeee (71,704 kali tayang).

TESTIMONI

Wiwid Widyanarko:
saya memngenal jai ketika saya kerja di Manggarai barat, ada pesta sekolah yg sudah menjadi tradisi disana pasti ada lagu jai yang didengarkan lewat sound system yang suara keras sampai terdengar jauh ke kampung2 sekitar.tanpa di sadari saya ikut menari jai yang di ajarkan teman saya di lantai dansa.Ternyata mudah lho mengikutinya walau saya orang jogja.sampai sekarang masih merindukan masa masa lampau di pulau flores.... Jai aku bangga menjadi Indonesia...?

Pak Alex:
aku bangga menjadi anak NTT.dengan bermacam suku dengan adat istiadatnya..dapat terus berkarya kusus nya dalam bidang seni tari dan musik serta dapat menciptakan nuasa baru dan terus berinovasi meciptaka lagu baru.sukses selalu buat NTT.FLOBAMORA?

Lia Hutasoit:

senang sekali dengar lagu dan tariannya... ntt,,papua dan batak,, suaranya muantaff dan tariannya jg hamoir sama

Ridwan sinaga:
Mantaps lagunya , saya sengat senang saat menik mati lagu ini saya suka maju terus hidupkan suasan kampung nan jauh di sana syair dan musiknya dri dulu saya sangat senang lagu lagu dari teman teman dari timu,,, ?

Yunasis Aesong:
Saya orang sulawesi utara, bbrpa kata katanya saya kurang mengerti. Tapi sepertinya tubuh saya ngerti banget, pertama catch up di youtube langsung ikut bergoyang seperti org2 di video. hehehee?

cans monazio:
mantaaap, lagu ini pernah saya jadikan nada dering di HP... pernah satu kali  waktu sedang naik angkot di Jakarta, ada panggilan masuk...dan lgu ini terdengar lantang di dalam angkot.... otomatis semua penumpang melihat ke saya...pasti merek bilang dilm hati " ini makhluk asing dari planet mana??" hehehehehe MAJU TERUS MUSIK JA'I?








2 komentar:

  1. Screenshot Youtube kayanya punya saya...Maju terus Ja'i

    BalasHapus
  2. Screenshot Youtube kayanya punya saya...Maju terus Ja'i

    BalasHapus